VIVAnews Forums
MAINTENANCE
"VIVAForum sedang dalam perbaikan gan... tunggu kejutan dari kami." Facebook | @VIVAforum


Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 6 June 2011, 10:57
sagoler's Avatar
sagoler Male sagoler is offline
Senior Member
 
Join Date: May 2011
Posts: 522
Thanks: 2
Thanked 61 Times in 43 Posts
sagoler member hancur lebursagoler member hancur lebursagoler member hancur lebursagoler member hancur lebursagoler member hancur lebursagoler member hancur lebursagoler member hancur lebursagoler member hancur lebursagoler member hancur lebursagoler member hancur lebursagoler member hancur lebur
:ngumpul: Ternyata Sumpit Dayak Lebih Ditakuti daripada Peluru

PADA zaman penjajahan di Kalimantan dahulu kala, serdadu Belanda bersenjatakan senapan dengan teknologi mutakhir pada masanya, sementara prajurit Dayak umumnya hanya mengandalkan sumpit. Akan tetapi, serdadu Belanda ternyata jauh lebih takut terkena anak sumpit ketimbang prajurit Dayak diterjang peluru.




Penyebab yang membuat pihak penjajah gentar itu adalah anak sumpit yang beracun. Sebelum berangkat ke medan laga, prajurit Dayak mengolesi mata anak sumpit dengan getah pohon ipuh atau pohon iren. Dalam kesenyapan, mereka beraksi melepaskan anak sumpit yang disebut damek.
Spoiler:



"Makanya, tak heran penjajah Belanda bilang, menghadapi prajurit Dayak itu seperti melawan hantu," tutur Pembina Komunitas Tarantang Petak Belanga, Chendana Putra, di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Kamis (2/6/2011).



Tanpa tahu keberadaan lawannya, tiba-tiba saja satu per satu serdadu Belanda terkapar, membuat sisa rekannya yang masih hidup lari terbirit-birit. Kalaupun sempat membalas dengan tembakan, dampak timah panas ternyata jauh tak seimbang dengan dahsyatnya anak sumpit beracun.

Spoiler:



Tak sampai lima menit setelah tertancap anak sumpit pada bagian tubuh mana pun, para serdadu Belanda yang awalnya kejang-kajang akan tewas. Bahkan, bisa jadi dalam hitungan detik mereka sudah tak bernyawa. Sementara, jika prajurit Dayak tertembak dan bukan pada bagian yang penting, peluru tinggal dikeluarkan. Setelah dirawat beberapa minggu, mereka pun siap berperang kembali.
Spoiler:

Penguasaan medan yang dimiliki prajurit Dayak sebagai warga setempat tentu amat mendukung pergerakan mereka di hutan rimba.

"Karena itu, pengaruh penjajahan Belanda di Kalimantan umumnya umumnya hanya terkonsentrasi di kota-kota besar tapi tak menyentuh hingga pedalaman," Chendana.

Tak hanya di medan pertempuran, sumpit tak kalah ampuhnya ketika digunakan untuk berburu. Hewan-hewan besar akan ambruk dalam waktu singkat. Rusa, biawak, atau babi hutan tak akan bisa lari jauh. "Apalagi, tupai, ayam hutan, atau monyet, lebih cepat lagi," katanya.

Bagian tubuh yang terkena anak sumpit hanya perlu dibuang sedikit karena rasanya pahit. Uniknya, hewan tersebut aman jika dimakan. "Mereka yang mengonsumsi daging buruan tak akan sakit atau keracunan," kata Chendana.
Baik hewan maupun manusia, setelah tertancap anak sumpit hanya bisa berlari sambil terkencing-kencing.
"Bukan sekadar istilah, dampak itu memang nyata secara harfiah. Orang atau binatang yang kena anak sumpit, biasanya kejang-kejang sambil mengeluarkan kotoran atau air seni sebelum tewas," tambah Chendana.

demikian lah gan.. alasan kenapa orang dayak sangat di takuti

oiya gan.. sebenarnya... ane juga mau ngasih...cerita unik lainnya..seperti foto foto penampakan unik di dunia
tapi ya udah deh..lain kali aja ya gan.... kalau pengen sekarang sih ade... di...cari aja deh di sumber thread ane... nih ane sertain dibawah ni...

SUMBER
Reply With Quote
The Following User Says Thank You to sagoler For This Useful Post:
fat_bastard (6 June 2011)
  #2  
Old 6 June 2011, 11:01
blogger's Avatar
blogger blogger is offline
Platinum Member
 
Join Date: Mar 2011
Posts: 13,858
Thanks: 6
Thanked 73 Times in 57 Posts
blogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top member
Default

racunnya itu loh mematikan bgt :
Reply With Quote
  #3  
Old 6 June 2011, 11:02
briptunorman's Avatar
briptunorman Male briptunorman is offline
Silver Member
 
Join Date: Apr 2011
Posts: 3,961
Thanks: 2
Thanked 36 Times in 26 Posts
briptunorman super top memberbriptunorman super top memberbriptunorman super top memberbriptunorman super top memberbriptunorman super top memberbriptunorman super top memberbriptunorman super top memberbriptunorman super top memberbriptunorman super top memberbriptunorman super top memberbriptunorman super top member
Default

Waaah canggih donk,, bisa mengalahkan teknologi modren
Reply With Quote
  #4  
Old 6 June 2011, 11:22
Kampret 505's Avatar
Kampret 505 Male Kampret 505 is offline
Banned
 
Join Date: Mar 2011
Posts: 12,347
Thanks: 1
Thanked 149 Times in 124 Posts
Kampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top member
Default

wow ...... keren banget tuh gan
Reply With Quote
  #5  
Old 6 June 2011, 11:30
nekatbanget's Avatar
nekatbanget Male nekatbanget is offline
New Member
 
Join Date: Jun 2011
Posts: 12
Thanks: 0
Thanked 0 Times in 0 Posts
nekatbanget is an unknown quantity at this point
Default

hmmmmmmmmmm.. kayaknya repost

_____________________


Last edited by nekatbanget; 6 June 2011 at 11:54.
Reply With Quote
  #6  
Old 6 June 2011, 11:34
p3dro's Avatar
p3dro Male p3dro is offline
Silver Member
 
Join Date: Feb 2011
Location: Mars
Posts: 2,939
Thanks: 2
Thanked 138 Times in 104 Posts
p3dro super top memberp3dro super top memberp3dro super top memberp3dro super top memberp3dro super top memberp3dro super top memberp3dro super top memberp3dro super top memberp3dro super top memberp3dro super top memberp3dro super top member
Default




ini keren gan, yang ditakuti racunnya, bisa mematikan dalam beberapa menit
Reply With Quote
  #7  
Old 6 June 2011, 17:49
madara's Avatar
madara madara is offline
Junior Member
 
Join Date: Jan 2010
Posts: 96
Thanks: 4
Thanked 0 Times in 0 Posts
madara super top membermadara super top membermadara super top membermadara super top membermadara super top membermadara super top membermadara super top membermadara super top membermadara super top membermadara super top membermadara super top member
Default

Dayak emang is the best lah,...
Reply With Quote
  #8  
Old 6 June 2011, 17:53
masterflyers's Avatar
masterflyers Male masterflyers is offline
Silver Member
 
Join Date: Mar 2011
Posts: 2,766
Thanks: 11
Thanked 63 Times in 58 Posts
masterflyers super top membermasterflyers super top membermasterflyers super top membermasterflyers super top membermasterflyers super top membermasterflyers super top membermasterflyers super top membermasterflyers super top membermasterflyers super top membermasterflyers super top membermasterflyers super top member
Default

saya banyak dengar cerita hebatnya adat suku dayak...
Reply With Quote
  #9  
Old 6 June 2011, 18:16
priatulen's Avatar
priatulen Male priatulen is offline
Junior Member
 
Join Date: Jun 2011
Location: paris van java
Posts: 278
Thanks: 0
Thanked 0 Times in 0 Posts
priatulen super top memberpriatulen super top memberpriatulen super top memberpriatulen super top memberpriatulen super top memberpriatulen super top memberpriatulen super top memberpriatulen super top memberpriatulen super top memberpriatulen super top memberpriatulen super top member
Default

racunnya serem banget
Reply With Quote
  #10  
Old 6 June 2011, 18:24
army.fice's Avatar
army.fice Male army.fice is offline
Silver Member
 
Join Date: Mar 2011
Posts: 2,470
Thanks: 1
Thanked 6 Times in 5 Posts
army.fice super top memberarmy.fice super top memberarmy.fice super top memberarmy.fice super top memberarmy.fice super top memberarmy.fice super top memberarmy.fice super top memberarmy.fice super top memberarmy.fice super top memberarmy.fice super top memberarmy.fice super top member
Default

keren infonya gan!
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 05:59.