VIVAnews Forums
MAINTENANCE
"VIVAForum sedang dalam perbaikan gan... tunggu kejutan dari kami." Facebook | @VIVAforum


Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 4 November 2014, 22:52
agustn12 Male
Guest
 
Location: Rangkasbitung Lebak
Posts: n/a
:pengumuman: Tanpa Rumah, Mungkinkah Rakyat Sejahtera?

Kabinet kerja telah terbentuk dengan menyimpan sejumlah harapan, termasuk diantaranya bidang Perumahan baik dalam bentuk rumah tapak ataupun rumah susun. Karena sesuai data BPS pada tahun 2010 angka kekurangan rumah atau backlog untuk masyarakat berpenghasilan rendah ( MBR ) adalah sebesar 13,5 juta unit, diperkirakan saat ini angka tersebut telah berkembang menjadi 15 juta unit. Jika diasumsikan setiap unit dihuni satu keluarga yang terdiri dari 4 orang, maka ada sekitar 60 juta rakyat Indonesia belum memiliki rumah.

Dari informasi yang ada, Pemerintah dalam hal ini Kemenpupera mentargetkan pembangunan 200.000 unit, sedangkan Kemendagri dengan menggandeng Pemerintah daerah mentargetkan pembangunan rumah khusus untuk PNS sejumlah 200.000 unit, ditambah pembangunan rumah komersial bersubsidi oleh BUMN dan swasta sebesar 200.000 unit. Namun mampukah angka-angka tersebut mengejar ketertinggalan pembangunan rumah. Karena pertumbuhan kebutuhan rumah ( keluarga baru dll ) setiap tahun berkisar pada angka 800.000 unit, sehingga terdapat selisih yang terus menumpuk setiap tahunnya.

Sangat diharapkan kesungguhan pemerintah untuk menuntaskan kebutuhan rumah MBR, yang menjadi dambaan rakyat Indonesia yang tidak memiliki kemampuan untuk berteriak ataupun berdemo, karena lelah dengan saratnya kesulitan hidup sehari-hari.

Sandang, Pangan dan Papan merupakan kebutuhan dasar setiap umat manusia. Angka pertumbuhan ekonomi yang tinggi, peningkatan APBN dan juga peningkatan pendapatan per kapita yang fantastik sekalipun, masih belum terasa pantas untuk disebut sebagai kesuksesan pembangunan, jika masih ada rakyat yang hidup tanpa rumah hunian. Sesungguhnya hunian yang layak dapat menjadi tumpuan peningkatan taraf kehidupan, melalui berbagai cara. Seperti pemanfaatan rumah sebagai sarana bercocok tanam tanaman rumah tangga ( cabai,tomat dll ), sebagai sarana pendidikan anak-anak dan berbagai fungsi sosial dan komersial lainnya.

Sesungguhnya banyak cara untuk memecahkan angka Backlog dan kekurangan rumah setiap tahunnya, hanya yang menjadi pertanyaan, adakah kesungguhan pemerintah untuk melakukannya ?
Reply With Quote
  #2  
Old 8 January 2015, 11:48
RKBaru's Avatar
RKBaru RKBaru is offline
Silver Member
 
Join Date: Jul 2013
Location: 20
Posts: 2,185
Thanks: 0
Thanked 0 Times in 0 Posts
RKBaru is an unknown quantity at this point
Default

pemerintah.....rakyat menunggu realisasi janji kalian pada saat kampaye
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 19:16.