VIVAnews Forums
MAINTENANCE
"VIVAForum sedang dalam perbaikan gan... tunggu kejutan dari kami." Facebook | @VIVAforum


Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 8 April 2015, 18:49
lenterak Male
Guest
 
Location: Pamekasan
Posts: n/a
Default Beli Mobil Bekas & Baru di Jakarta

Hati-hati jika membeli mobil bekas di Jakarta untuk waktu dekat ini. Setelah terjadi peristiwa banjir, biasanya banyak pemilik mobil yang terendam dijual. Mobil yang sudah pernah terendam banjir pasti suatu saat akan ada masalah, apakah itu korslet, atau masalah lainnya, meski sudah diperbaiki. Jangan sampai tertipu dengan membeli mobil yang pernah terendam banjir itu.

Jikapun ingin membeli secepatnya, datang saja ke showroom mobil ternama yang menjaga kualitas mobil serta nama usahanya. Jika lewat situs iklan jual Mobil bekas & baru Jakarta hari ini jualmobilbekas.hol.es, lebih baik langsung menemui penjual serta mengajak orang yang ahli dalam otomotif untuk mengetahui kondisi sebenarnya.

Kini banyak bengkel dan salon mobil yang menawarkan jasa perbaikan serta renovasi mobil yang bisa menghilangkan jejak bekas terendam banjir, sehingga penampilannya bisa menjadi seperti sedia kala. Umumnya setelah diperbaiki mobil itu dijual oleh pemiliknya.

Sulit untuk bisa mengetahui apakah kendaraan yang akan dibeli pernah menjadi korban banjir atau tidak. Namun, setidaknya ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Perhatikan secara keseluruhan bodi mobil terutama bagian bawah serta interior kendaraan. Secara kasat mata, lihat apakah ada elemen logam yang seperti habis tergenang air. Pasti ada tanda-tanda bahwa mobil tersebut pernah terendam air.

Selanjutnya, cek dari sisi mesin. Saat diuji, apakah ada yang aneh dengan laju kendaraan, terutama di sisi pengapian. Mobil yang terendam parah, biasanya berdampak ke engine control unit (ECU) untuk jenis mobil tertentu. Kalau ECU sudah kena, maka ongkosnya penggantinya akan sangat mahal.

Dampak dari sisi mesin tidak bisa diketahui dalam waktu singkat, melainkan jangka panjang. Namun agar pembeli tidak rugi dan menyesal di kemudian hari, ada baiknya bersikap lebih kritis jika membeli mobil bekas sehabis musim banjir di Jakarta.

Para oknum pebisnis mobil bekas, biasanya membeli mobil yang terendam banjir dengan murah kemudian melepasnya dengan harga normal setelah sedikit dipoles. Padahal, kalau mobil sudah terendam air sampai ke atap harus diperbaiki semuanya. Idealnya, setiap panel harus diganti dengan baru, namun proses penggantian dengan perakitan di pabrik dipastikan berbeda kualitasnya.
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Tags
jakarta, mobil

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 16:01.